Pengalaman Teespring dapat $992 Tanpa Menggunakan Iklan

kisah sukse Teespring
Dalam artikel ini saya ingin menceritakan pengalaman saya berjualan di Teespring.
Saya tidak akan membagikan tutorial atau tips bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari teespring.

Tapi justru saya ingin mendapatkan saran atau pencerahan tentang pengalaman unik saya ketika berjualan di teespring.

Semua hal yang saya tulis di bawah ini adalah rmurni pengalaman saya sendiri dan bukan merupakan kabar burung atau mencatut pengalaman dari blog lain.
saya juga akan mencantumkan capture image sebagai bukti authentic mengenai pengalaman saya

"Kenapa pengalaman saya bisa di bilang unik?"

Karena saya mendapatkan dollar penghasilan $922 di teespring tanpa menggunakan iklan, bahkan saya fikir itu semua hanya kebetualan, biasanya para seller teespring akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit untuk membuat facebook advert, sehingga produknya terjual banyak.

Semakin banyak kaos yang terjual di teespring maka seller akan mendapatkan komisi dari penjualan kaos tersebut. Anehnya kaos saya tetap terjual terus menerus tanpa beriklan.

 
Berikut pengalaman saya memulai teespring

Cerita ini di mulai pada tanggal 2 januari 2015 kawan saya membicarakan mengenai teespring, dengan iming system bekerja mudah dan pengasilan mudah saya pun penasaran, lalu kawan saya berkata;

 "modal dalam bermain teespring adalah design yang bagus"

Mendengar hal itu saya semakin tertarik karena saya tidak perlu membeli jasa seorang designer untuk membuat design. karena kebetulan saya juga seorang t shirt designer, saya akan bisa leluasa untuk membuat design sebanyak banyaknya tanpa harus membeli dan membayar.

Singkat cerita saya keesokan harinya langsung browsing tutorial sukses bermain teespring, saya menghabiskan berhari hari untuk mencari tahu kunci sukses menjadi seller teespring.

Hasilnya saya menyadari ternyata bermain teespring tidak semudah yang saya bayangkan,
banyak sekali kesulitan kesulitan yang saya hadapi.
Di mulai dari campaign pertama saya, kaos saya sama sekali tidak terjual bahkan setalah 1 bulan kaos saya tidak laku. campaign adalah sebutan di teespring pada article/design kaos yang kita di jual.

Saya semakin pesimis berjualan di teespring,ternyata teespring hanya vendor yang akan memproduksikan kaos yang kita design dan yang mengirimkannya kepada pembeli, semua promosi dan pasar menjadi tanggung jawab si penjual kaos,
namun saya terus berusaha untuk mencari artikel di internet yang saya bisa mambantu saya.

"kesimpulan menggapa menurut saya teespring itu susah? "

Karna ;

  • Mencari design yang spesifik

Di teespring saya harus mendesign design kaos yang sesuai dengan permintaan pasar
sedangkan pasar nya adalah negara amerika. mana saya tau orang amerika suka design apa?
jadi sebelum mendesign saya harus tau trending design yang di gemari oleh orang orang amerika.
menurut saya itu susah, menurut berbagai artikel saya bisa mencari trending design dari google trend dan melihat apa yang sedang ramai di amerika dan topik tersebut bisa di gunakan sebagain niche atau kata kata sebagain bahan membuat design yang nantinya laku keras.

  • Membuat promo atau iklan

Ketika sudah menemukan design yang pas saya harus memcari pelanggan saya sendiri, dengan mengiklankannya di facebook advert, dan biaya di facebook advert itu tidak murah.
ya kalo kaosnya laku mungkin cost advert bisa tertutup atau bisa jadi sebaliknya kaos tidak laku sama sekali namun advert terus berjalan.

Teespring Tanpa Menggunakan Iklan
  • Menentukan pasar

Setelah design sudah siap, maka saatnya menentukan pasar,
Negara  amaerika itu luas dan beragam dari kultur, umur hobi dll, itu akan menjadi dasar dalam membuat iklan di facebook atau membuat media promosi,
Menurut artikel yang saya baca;

"Semakin spesifik target customer maka semakin besar kesempatan kaos kita terjual!!" 

itu tugas kita untuk mencari siapa target calon pembeli kita.
menurut saya itu sangat susah
Tapi tak semuanya begitu, karena banyak seller teespring indonesia yang mendapat miliaran dari teespring


Campaign saya di teespring tak kujung laku

Dua bulan lamanya saya terus mencoba dan mencoba dan mencoba dan mencoba bermacam cara.
salah satunya dengan mengiklan di facebook dengan biaya $5 perhari, setelah 7 hari saya mencoba akhirnya saya tetap gagal.

Saya tidak putus asa, Saya kembali browsing mengenai cara memasang iklan teespring di facebook
akhirnya saya mengerti mengapa kaos saya tidak kunjung laku. alasnnya karena pasar saya terlalu luas dan harga untuk beriklan kurang besar, karena semakin besar biaya iklan yang kita keluarkan maka iklan itu akan lebih banyak di tampilkan di facebook.

lalu saya mencoba mengeluarkan biaya $20 perhari di facebook advert dan mengubah settingan target pasar saya, pada saat itu saya memutuskan untuk menampilkan iklan di Los angeles aja karena pada saat itu sedang musim baseball dan kaos saya berkaitan dengan baseball.

setiap hari saya ikuti perkembangan iklan saya ini, ternyata memang lebih banyak likes dan comment terhadap iklan saya , saya semakin optimis kaos saya akan laku.
akhirnya sudah hari ke 7 hari yang saya tunggu tunggu.
ketika saya mengecek aku teespring saya , Kaos saya tidak laku sama sekali.
betapa dahsyat perasaan saya saat itu setelah banyak menghasiskan waktu dan uang yang tidak sedikit saya tidak menyanggka hasilnya akan seperti ini.saya kecewa impian saya kandas.

Apa yang saya lakukan setelah kaos tidak laku sama sekali

Saya sangat kecewa berat karena apa yang saya upayakan tidak mendapatkan hasilnya yang baik.
apalagi biaya yang saya keluarkan tidak sedikit hampir $180 yang sudah saya keluarkan, alih alih mendapatkan untung saya malah menjadi buntung, apalagi pada saat itu saya belum punya penghasilan tetap.

Saya putuskan untuk berhenti bermain di teespring dan berhenti mempromosikannya

Sekitar 1 bulan setelah berhenti bermain teespring saya mulai kembali menjalani rutinitas sebagain freelance t shirt designer. setiap saya menerima orderan saya biasanya memberika beberapa model design sebagai pilihan untuk client saya,terkadang ada design yang di tolak atau designnya tidak cocok akhirnya design itu di buang.

saya sangat menyangkan hal itu karena untuk membuat design memerlukan waktu dan ide yang tidak mudah. akhirnya saya memilih beberapa design sampah  yang tidak terpakai oleh client saya lalu saya upload di teespring dengan tujuan iseng iseng dari pada saya simpan di folder spam.

Kembali menjadi designer

Suatu hari saya mendapatkan email untuk membuat design. dengan tersebut akan di gunakan untuk berjualan di teespring.
saya tiba tiba tersenyum mengingat kata kata Teespring
dengan santai saya kerjakan design tersebut dengan sebaik mungkin.

setelah design telah selesai saya kirimkan pada client saya, tapi customer saya kecewa dengan hasil pekerjaan saya dan memutuskan untuk membatalkan order design. karena saya adalah anak muda yang penuh gairah saya ya sabar, menerima kejadian tersebut karena bukan hal aneh ketika design di tolak.
setiap orang memiliki standar tertentu, kegemaran tertentu. jadi selera setiap orang akan berbeda beda.
seperti biasa karena menurut saya design tersebut bagus, saya tidak fikir panjang,saya upload di teespring.

Tercengang Melihat akun teespring

berbulan bulan berlalu menjalani rutinitas, saya tidak sengaja melihat iklan teespring di facebook dan rasa saya ingin melihat aktifias akun teespring saya.
saya login dan apakah brother tau apa yang saya temukan?

Ada saldo $93.39 di akun Teespring saya karena produk saya terjual 15 kaos

saya bertanya tanya kapan saya mempromosikan kaos teespring, saya merasa sudah berbulan bulan yang lalu.
lalu saya check apakah kaos yang pernah saya iklankan laku?
ternyata tidak laku. lalu baju manakah yang laku? baju yang laku ternyata baju yang saya design, tapi di tolak oleh client saya.


kisah sukses Teespring Tanpa Menggunakan Iklan

Betapa senangnya saya ,karena kadang rezeky datang tiba tida, bahkan rezeky itu datang dengan cara yang tidak di duga duga.
kaos itupun terus menerus terjual selama hampir 6 dan saya mendapatkan total dari kaos tersebut $992 tanpa menggunakan iklan, saya biarkan sama sekali.

Kesimpulan

Dari pengalaman yang saya ceritakan di atas, saya sama sekali tidak mengerti kenapa kaos tersebut bisa laku tanpa menggunkan iklan dan tanpa promosi sama sekali?

meskipun saya senang mendapatkan dollar dari teeespring , saya tetap tidak pernah mencoba lagi teespring sampai saat ini, karena saya masih bingung. kenapa kaos yang saya promokan tidak laku, sedangkan kaos tersebut laku terus menerus.

mungkin terlalu banyak artikel yang saya baca di internet mengenai teespring tapi saya tidak pernah mendapatkan jawaban yang membuat pertanyaan saya terjawab, hal itu yang membuat saya kebingungan sampai saat ini. 

Saya simpulkan apa yang saya dapatkan dari teespring adalah rezeky dari tuhan yang saya terima dan tak perlu saya tanyakan. tapi cukup saya syukuri

Saran saya bagi brother yang ingin memulai teespring, saya sarankan untuk mempelajari dahulu secara rinci bagaimana sukses bermain teespring.
dari pada menghasikan uang sia sia untuk mencoba teespring saya lenih anjurkan uang tersebut di pakai untuk membeli tools,Ebook yang berkaitan dengan kunci sukses bermain teespring.

Banyak artikel di internet yang menyediakan informasi mengenai sukse teespring tapi kadang informasi tersebut tidak valid sehingga hanya membuat bingung.

Diskusi atau bertanya kepada pakar teespring lebih efektif di banding hanya membaca informasi yang belum tentu benar.

artikel ini saya buat bukan untuk ajang pamer mengenai kesuksesan saya, bahkan saya merasa saya adalah seller yang gagal.

artikel ini bukan menakut nakuti agar brother pesimis memulai teespring, justru sebaliknya saya ingin dengan artikel ini bisa membantu brother lebih semangat bermain teespring.

Tidak semua seller teespring gagal, Banyak seller teespring yang berhasil bahkan ada yang mendapatkan penghasilan yang miliyaran dar teespring.

saya hanya salah satu seller teespring yang gagal dari sekian banyak seller yang berhasil.



Saya yakin kalian adalah salah satu dari orang yang berhasil.

semoga artikel ini bermanfaat.
silahkan share, comment.

corelmatter team

4 comments:

  1. ini tdk ada biaya produksi ya? cukup sediakan desain kaos?

    ReplyDelete
  2. hampir sama mas, sy pernah main di teespring 4 bulan, laku hanya 7 buah kaos. itupun yang laku yang tidak sy iklankan, yg sy pasang iklan gak ada yang laku. lcu jg ya, hh...

    ReplyDelete
  3. banyak yang sukses memang, tapi saya sendiri belum mengetahui secara detail... memang lucu kalo di fikir fikir tapi nyata hasilnya.

    ReplyDelete