Negative Review Akun Fiverr Berdampak Sangat Fatal

hallo selamat malam corel brother.
semoga kalian dalam keadaan sehat walafiat ketika membaca postingan ini.
Setelah beberapa waktu saya membuat artikel mengenai :

Baca : 7 Pertanyaan seputar fiverr

Kali ini saya akan sedikit bercerita mengenai pengalaman saya ketika menjadi seller fiverr.
setelah hampir 3 tahun memiliki akun di fiverr dan menjadi seller aktif fiverr saya sempat iseng iseng membuat gig  baru dengan kategori yang sama dengan akun fiverr saya sebelumnya, beberapa pengalaman baru terjadi, tantangan baru pun terasa karena dengan membuat akun baru sama halnya kita akan memulai semuanya dari awal. tidak seperti akun fiverr saya sebelumnya yang sudah mempunyai cukup banyak pelanggan. ketika akun fiverr baru saya buat artinya tidak ada pelanggan, tidak ada gig dan tak ada saldo.



"Orderan fiverr Saya Sangat Sepi, Mungkin Salah Strategi"

statement di atas merupakan statement yang pas untuk akun yang saya buat. kira kira akun fiverr tersebut saya buat sekitar 1 tahun yang lalu, awal nya hanya iseng iseng saja. dengan tujuan membackup bila mana akun fiverr saya sebelumnya sepi, maka akan ada orderan tambahan dari aku yang saya buat.
di akun tersebut saya membuat 6 gig, dengan 1 kategori sama namun sub kategori yang berbeda.
gig tersebut hampir sama persis dengan akun sebelumnya. karena kategori sama, sellernya pun sama.
yang membedakan hanya tampilan gig dan nama gig.


Bertemu klien Fiverr lama

Setelah kira kira 2 minggu saya membuat akun akhirnya ada orderan. ketika saya melihat namanya, kok rasa rasa saya kenal,ternyata memang benar dia adalah pelaggan yang sama dengan pelanggan akun fiverr saya sebelumnya.
saya hafal betul karakter dan keinginan dia ketika dia memesan design. kebetulan saya seorang seller design grafis khususnya t shirt designer.
dulu dia sering banget order. tapi karena harga yang dia inginkan sangat murah akhirnya saya putuskan untuk menolak orderan di di akun fiverr saya yang sebelumnya.
tapi karena saya membuat akun baru dia pun tidak ngeeh kalo itu saya, apa salah nya saya mengambil orderan dia sebagai tambah tambah uang jajan. hehe.

Gig Fiverr tiba-tiba ramai

Client langganan saya menggorder dengan kuantitas yang lumayan, ketika order selesai, dia langsung order order lagi. maklum harga yang saya tawarkan sangat murah yaitu $5 untuk jasa design kaos beserta file PNG sebagai file akhirnya. harga itu jauh lebih murah di banding akun saya yang sebelumnya, di akun sebelumnya saya menawarkan $10 untuk design + file png dan $25 untuk design kaos + file vector (Ai, Eps, Pdf)
jadi mungkin wajar gig saya cepat ramai.
1 bulan berjalan saya sudah mendapatkan 10 Order.
Menurut pengalaman saya, proses itu lebih mudah di banding akun saya sebelumnya yang mengawali gig hanya mendapatkan 3 order di bulan pertama, sungguh terseok seok dan menyedihkan.


Baru Sadar

Saya sempat bertanya tanya, mengapa gig saya cepat di kenal dan ceoat mendapatkan order?
bahkan saya mendapatkan $592 kurang dari 2 bulan.
"Mungkin hanya kebetulan" Itu yang terlintas di fikiran saya, tapi saya adalah tipikal orang yang tidak terlalu yakin dengan kebetulan.
dari situlah saya berinisiatif untuk meriset mengenai faktor yang membuat gig ramai orderan.

Saya mulai rajin membandingkan antara gig yang 1 dengan gig yang lainya. bahkan saya pernah mencoba membeli gig/service orang lain untuk mengetahui service yang mereka berikan.

ketika saya mencoba membeli gig saya memulai nya dengan mengirim pesan kepada seller tersebut,
saya kaget balasan mereka sangat cepat dan sangat ramah. berati mereka benar benar sungguh sungguh dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.1 poin yang saya dapatkan dari pengalaman tersebut yaitu :

"Memberikan response yang cepat akan membuat pelanggan terkesan"

Saya semakin hari semakin bersemangat untuk menganalisis gig gig yang banyak mendapatkan orderan.
dan berharap menemukan kunci untuk menjadi seller sukses fiverr.

Dari analysis yang saya lakukan saya menyimpulkan beberapa alasan faktor yang membuat seller fiverr kebanjiran order :
analysis yang saya lakukan hany pada kategori design, yang merupakan kategori yang saya pahami.


Faktor yang membuat seller fiverr kebanjiran order.

1. Memiliki talenta yang luar biasa
Artinya seller tersebut memang expert pada bidang nya, semisal design logo, dia memang sangat expert jadi wajar banyak client yang menggunakan jasa beliau.

2. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
Walaupun memiliki kemampuan design yang expert jika tidak di barengi dengan skill komunikasi yang baik terutama dalam menggunakan bahasa ingris, maka sulit rasanya seller fiverr mendapatkan  order, sekalipun mendapatkan order akan timbul masalah masalah yang berasal dari misscommunication.

3.Sudah terlanjur tenar
Pemain pemain fiverr yang lebih lawas atau lebih dulu daftar di fiverr akan lebih banyak mendapatkan order di banding seller seller baru, walaupun tidak menutupi ada beberapa seller baru yang orderannya banyak.
pemain pemain lama fiverr akan lebih professional di tambah rating yang mereka kumpulkan akan menjadi modal utama untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

4.Judul gig yang unik
Saya melihat beberapa top seller menggunakan judul judul gig yang aneh, atau tidak biasa.
contoh ada yang menamai gig nya dengan : i will do 2 logo design, will do design in 6 hours dll
unik disini artinya berbeda dengan judul judul gig yang lain yang hanya menampilkan judul gig biasa biasa saja. dengan gig yang judulnya aneh akan menarik minat pembeli untuk membeli jasa kita.

5.Extreme delivery
Beberapa seller fiverr menawarkan waktu pengerjaan yang singkat ada yang 12 jam ada yang 24 jam, itu salah satu faktor yang membuat pelanggan tertarik untuk membeli gig tersebut.

6.Portfolio Fiverr yang Ciamik
Apa yang akan di lihat pertama kali oleh pembeli ketika membuka iklan kalian? ya Portfolio Fiverr, adalah ragkuman foto atau display yang menampilkan hasil karya karya kita sebagai seller.
beberapa top seller fiverr yang sudah saya kunjungi memiliki portofolio yang sangat menarik. itu mengapa portofolio sangat lah penting.

7.High Rating
Customer customer biasanya akan lebih percaya kepada seller yang memiliki rating yang tinggi. alasannya adalah keamanan, dan kepercayaan. trusted seller

Ya kurang lebih baru itu hasil analisis yang saya dapatkan beberapa  waktu lalu.entah benar atau tidaknya saya tidak bisa menjamin, karena faktor tersebut adalah rangkuman dari analisi yang saya lakukan yang merupakan persepektif saya pribadi.
kita kembali ke pembahasan saya mengenai cerita mengenai akun yang pernah saya buat.

Lupa

Karena saya memiliki 2 akun fiverr, yang 1 akunnnya memiliki banyak gig saya mulai melupakan aku saya yang kedua. karena akun saya yang pertama memiliki cclient yang lebih banyak.
alhasil response message akun kedua saya menjadi telat, pengerjaan pun mulai delai.
bahkan ada orderan yang automatic cancel karena saya lupa mengecek daftar orderan.
total automatic cancel order saya 4 artinya order cancel saya karena saya telat mengerjakan order. dan raitng 4 bintang saya 2 order.

Mati suri

Stelah akun saya mendapatkan banyak negative review, di akun ke 2 saya saya sangat jarang mendapatkan order.bahkan message.
itu yang membuat saya berfikir keras, mengapa akun saya sangat sepi padahal sebelum saya mendapatkan negative review
saya banyak mendapatkan order dan message.

lalu saya pun kembali menganalisis alasana mengapa akun fiverr saya sepi.

Negative Review Akun Fiverr Berdampak Sangat Fatal

Faktor yang membuat akun Fiverr kehilangan pelanggan

1.Terlalu banyak Negative review
ya negative review membuat customer kehilangan kepercayaan kepada akun kamu.
coba posisikan anda sebagai pelanggan, apakah anda mau membeli jasa gig fiverr dengan rating rendah?

2.Tidak Fokus
Tidak fokus akan membuat pelanggan anda kabur karena jika kamu fokus kamu bisa membalas pesan dengan cepat yang berdapak positif bagi calon calon pelanggan.

3.Miscommunikasi
setelah membuat portofolio yang bagus dan judul yang baik, maka berdatangan lah pelanggan. tapi karena kemampuan bahasa inggris yang buruk.  perintah orderan yang di berikan pelanggan tidak di pahami seutuhnya. akibatnya hasil yang di berikan tidak sesuai dengan hasil yang di inginkan pelanggan.
akhirnya pelanggan memberikan negative review dan berdampak negati bagi aku gig kamu.

Benar Benar mati

saya coba berfikir positif , dan yakin akan ada order lagi walaupun akun saya mempunyai banyak negative review, namun sampai detik ini tidak adalagi message maupun order yang masuk.
walhasil akhirny akun saya benar benar mati.

mungkin itu hasil analisis saya mengenai mengapa saya kehilangan pelanggan fiverr.
tulisan tersebut merupakan pengalaman saya pribadi, dan mungkin bisa berbeda beda dengan seller yang lain.
semoga menjadi pelajaran bagi seller seller fiverr lainya agar tidak seperti saya.

terimakasih.
silahkan comment dan share.

corelmatter team



No comments: