Cara Atasi Hilangnya Pelanggan Dari Gig Fiverr Anda.

Selamat malam Brotheres.
Semoga kalian sehat selalu. Beberapa waktu yang lalu saya membuat tulisan mengenai ;

"Negative Review Akun Fiverr Berdampak Sangat Fatal"

Artikel tersebut menceritakan pengalaman pribadi saya ketika membuat akun fiverr namun entah mengapa pada akhirnya gig saya sepi.
silahkan di baca terlebih dahulu artikel sebelumnya agar lebih memahami penjelasan di artikel ini.

Beberapa seller di grup fiverr seller indonesia juga mungkin pernah mengalami hal yang sama, itu alasan saya berinisiatif menulis artikel tersebut dan membagikannya di grup.
Dengan tujuan mendapatkan informasi yang lebih,mengenai contoh kasus tersebut. bahkan saya harapkan bisa mendapatkan masukan dan saran agar kejadian tersebut tidak terulang oleh seller seller fiverr yang lainnya.

Setelah saya membagikan nya di grup fiverr seller indonesia saya mendapat pencerahan dari mas Andy Riyantoko, beliau memberikan tips tips untuk pengalaman yang pernah saya alami,tentunya tips tersebut sangat bermanfaat bagi saya.

Dengan menulis ulang tips nya disini saya berharap tips tips ini bisa mendapatkan memberi manfaat lebih luas bagi teman teman yang turut serta menjadi seller fiverr.

Faktor Gig Fiverr kehilangan pelanggan Beserta solusinya.

1. Terlalu Banyak Negatif Review.

Meskipun akun kedua, coba untuk tetap fokus dengan keduanya, jangan berat sebelah, apalagi akun baru sangat resiko akan collapse jika belum seimbang dengan jumlah order sementara buyer banyak yang dianggap terlantarkan yang endingnya mereka cancel order setelah late yang otomatis bikin down rating. Itu baru satu buyer, kalau banyak buyer? ucapkan selamat tinggal akun baruku...

2. Tidak Fokus.

Ya.. saat banyak order pastinya happy sekali, tetapi me-manage semua orderan hanya melalui cek saat online di website Fiverr itu sangatlah ribet apalagi kalau diluar rumah
meskipun memakai app Fiverr juga ada.

Pengalaman saya, coba tulis cacatan order yang masuk ke dalam buku kecil mulai urutan ordernya dan kapan deadline deliverynya. Save catatan via Powerpoint atau apa yang bisa membuat daftar kerjaan itu lebih bagus lagi, tapi untuk langsung bisa cek tanpa computer ON akan lebih mudah dilihat dari catatan manual itu tadi atau simpan Note di HP kita yang simple bisa kita cek saat diluar rumah.

"Gimana caranya tahu kapan waktunya deadline?"

Coba lihat jam berapa orderan masuk (saran saya biasakan refresh browser dulu sebab kadang timingnya error sesuai negara dari si buyer), lalu kalau misal kita pasang durasi 2 hari maka cocokkan dengan jam dimana order akan dikirimkan. Misal masuk hari Senin jam 7 pagi, maka setelah 2 hari, delivery jam 7 hari rabunya.

Jadi sebelum deadline kita sudah bisa memperkirakan kapan akan delivery, syukur-syukur bisa send jauh sebelum deadline itu lebih bagus lagi untuk mengangkat buyer trusted.

3. Misscommunication.

Nah.. ini jg sering terjadi pada beberapa seller baru yang meskipun sah-sah saja join, tapi setelah berjalannya waktu mereka sering kebingungan dengan berbagai macam buyer message yang kadang bahasanya (anggap bahasa gaul) yang tidak umum dipahami seller akan berdampak sering miskomunikasi dan menyebabkan buyer lari dan fatalnya,

Bisa kena review;

"Bad Communication...". So sad..."

"Bagaimana :(Solusinya.....? "

Google translate?Boleh juga.. tapi seringkali grammar dari GT justru tambah bikin kacau. Saya ambil contoh kata COOL yang artinya KEREN, tapi sama GT ditranslate jadi DINGIN. We Te Ef..... ?? DINGIN????? belum itu kalimat panjang lainnya.

So.. bukan solusi terbaik atau mungkin ada link translate yang lebih mumpuni bisa sharing disini. Maka untuk menghindari miskomunikasi karena skill English yang pas-pasan, coba tanya pada teman atau seller lain yang mungkin lebih senior yang setidaknya mereka sudah paham akan grammar English dan tahu maunya buyer apa, sebab penentu buyer betah bertandang di akun kita salah satunya karena good communication kita pada mereka.

Bahkan.... ada buyer saya yang malah curhat2an mengenai keluarga mereka atau masalah-masalah mereka disana. Hmmmm... seller nyambi jadi psikolog?... besok2 buka gig "I WILL LISTEN YOUR PROBLEM FOR $5 nih...hahaha...Well, itu aja mas input untuk 3 problem terakhir di artikel anda, mudah-mudahan ada manfaatnya. That's cool untuk menambah ilmu buat kita semua disini. Baarakallahu fiikum. Thanks and good luckx


Tips di atas, saya kutip dari
Grup fiverr seller indonesia

Tips tersebut di tulis oleh:
Mas Andy Riyantoko

Semoga artikel di atas bisa memberi manfaat.
Silahkan komen  dan share.

Salam hangat
Corelmatter team

No comments: